Catatan Pribadi

Ketika Negara Kita Titik Titik


Ketika negera ini di jejali oleh  situasi dan issue politik yang kurang kondusif dengan sejuta persoalan yang tak kunjung selesai, negara – negara maju terus konsen memajukan rakyatnya terutama bidang – bidang yang di anggap penting salah satunya adalah dunia pertanian berbasis organic, seperti yang di lakukan oleh ecological farmers association (efao) of ontario yang berpusat ontario, sebuah provinsi dengan penduduk terbesar kedua di Kanada dengan Ibu Kota Toronto. Berdiri sejak tahun 1979 dengan tujuan mempromosikan kemajuan dan pemahaman pertanian berbasis ekologis, yang di jalankan oleh petani melalui berbagai pelatihan, tukar pengetahuan antar petani sehingga keseimbangan lingkungan dan dunia pertanian tetap terjaga dengan baik. Penelitian – penelitian tentang pertanian berbasis ekologis terus di lakukan dari tahun – ke tahun baik oleh para ahli maupun para petani sendiri kemudian hasilnya di sharing ke seluruh petani, betapa konsep berbagi untuk kemajuan bersama – sama benar – benar mereka terapkan.



Wawasan dan pengetahuan terus - menerus di berikan kepada petani yang menjadi bagian dari efao misalnya pengetahuan tentang manajemen dan kesehatan  tanah, bagaimana membuat pupuk sendiri, system panen dan kegiatan pertanian lainya serta pemasaran produk petani.  Jika di lihat dari penyelenggaraan event – event sungguh sangat berbeda dengan Indonesia sebagai negara agraris dimana event – event dunia pertanian sangat sering mereka selenggarakan sebagai wujud dukungan yang diberikan kepada petani. Event – event ini juga di dukung serta melibatkan berbagai pihak. 



Program terbaru tahun 2016 yang dilakukan oleh EFAO adalah penelitian yang di lakukan oleh petani sendiri dengan dukungan dari Ontario Trillium Foundation. Program ini akan memanfaatkan kreativitas yang di miliki oleh petani sendiri guna mendukung inovasi pertanian berbasis ekologis. Jika ingin mengetahui lebih detil bagaimana dunia pertanian di ontario dapat mengunjungi situsnya  https://efao.ca/


Share:

Populer