Catatan Pribadi

Pentingnya Menanam Bunga di Areal Perkebunan/Pertanian

Salam lestari dan salam tani. Menanam bunga di area rumah merupakan hal yang biasa agar rumah nampak asri dan teduh serta bernilai positif bagi kesehatan baik lingkungan maupun kesehatan psikologis bagi si pemiliknya. Tanaman bunga di area rumah memberikan kontribusi sirkulasi udara yang bersih apalagi bagi orang yang tinggal di perkotaan maka hal ini sangatlah penting karena tingkat polusi udara yang sangat tinggi. Selain itu bunga juga berfungsi untuk mengurangi kebisingan, menyimpan air tanah serta pendingin alami untuk kawasan perkotaan.
Namun pada kesempatan ulasan kali ini, kita akan membahas pentingnya menanam bunga di areal perkebunan atau lahan pertanian. Mungkin sebagian orang akan merasa aneh untuk apa menaman bunga di areal kebun serta di anggap tidak bermanfaat dan jarang kita temukan di area perkebunan milik petani  kecuali kebun yang khusus memproduksi bunga untuk kepentingan bisnis, atau bagi mereka yang berprofesi sebagai petani bunga.

Seperti yang telah saya singgung dalam tulisan sebelumnya tentang petani di eropa dan kebiasaan mereka menanam bunga di area lahan yang mereka garap serta pengalaman pribadi saya sendiri bahwa menaman bunga di area kebun/lahan pertanian merupakan hal yang sangat penting karena salah satu fungsi bunga adalah untuk mengundang hewan – hewan penyerbuk yang sangat penting dalam kesuksesan budidaya tanaman apapun, bunga juga akan menarik perhatian predator yang akan membantu membunuh hama di areal pertanian/perkebunan.

Saya pernah mengamati tanaman cabe yang tumbuh di semak – semak secara liar lebih sehat dan lebih berkualitas di banding dengan di tanam oleh para petani, kondisi ini membuat saya penasaran selama bertahun tahun sampai akhirnya saya menemukan jawabanya. Ternyata tanaman yang cabe yang tumbuh liar di semak – semak terlindung oleh tanaman kanan kirinya yang berbeda jenis, tanaman lain yang saya maksud adalah jenis rumput – rumputan yang sering di anggap sebagai gulma oleh petani  yang memiliki bunga dengan beberapa jenis tanaman. Jawaban ini saya temukan ketika saya mengikuti study singkat tentang pertanian ke Belanda dimana saya melihat hampir di setiap lahan pertanian mereka memiliki kebun bunga. Meskipun saya belum puas dengan apa yang saya lihat dan temukan, kemudian saya melakukan percobaan menanam di depan rumah kontrakan saya,  awalnya satu jenis tanaman ke dalam polybag dan pallet bekas kentang yang di lapisi karung bekas kemudian saya tanam beberapa jenis tanaman termasuk tanaman bunga dan hasilnya lebih bagus dari sebelumnya. Selain itu saya mencoba menonton video – video pertanian organic di youtube dari berbagai negara, mungkin sudah puluhan video yang sudah saya tonton, dan hasilnya hampir semua pertanian organic menanam bunga di areal kebun yang berfungsi untuk mengundang hewan penyerbuk dan predator yang akan membunuh hama  pengganggu tanaman

Mungkin timbul pertanyaan di benak anda? tanaman bunga seperti apa yang bagus untuk lahan pertanian, jawabanya adalah semua jenis bunga bagus  tapi lebih di sarankan menanam tanaman bunga lokal agar proses penyesuaianya lebih cepat. Kemudian bagaimana cara menanam bunga di areal perkebunan. Caranya cukup sederhana anda boleh menanamnya di tengah kebun atau di pinggir kebun sekaligus sebagai pembatas antara kebun anda dengan kebun milik tetangga anda, tanamlah berbagai jenis bunga yang memang ada bunganya, jangan hanya satu jenis karena kita tidak mengetahui secara persis tanaman bunga mana yang di sukai oleh hewan penyerbuk. Misalnya ada ulat yang memakan tanaman bunga A tapi karena berdekatan dengan tanaman bunga B maka ulatnya menghindar karena tidak menyukai atau alasan lain. Intinya lebih banyak jenis bunga maka itu lebih baik. Tanaman bunga ini sebaiknya juga di campur dengan tanaman pohon pembatas terutama untuk areal yang miring guna menghindari erosi serta pohon pembatas untuk sungai bila kebetulan di areal kebun anda terdapat sungai karena kebersihan sungai ini juga bagian penting dalam proses mengundang hewan penyerbuk. 


Kehadiran hewan penyerbuk seperti kupu – kupu, lebah dan kumbang serta berbagai jenis hewan lainya merupakan salah satu indikasi areal kebun tersebut masih sehat serta memiliki warna terendiri sebagai salah satu seni dalam dunia pertanian. Sebagai tambahan bila hewan – hewan penyerbuk ini telah mulai banyak di kebun maka hal selanjutnya yang perlu di jaga adalah keberadaan burung – burung liar karena burung liar ini memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem dan kelestarian serta dunia pertanian khususnya system pertanian yang berkelanjutan.  Pada dasarnya  semua tumbuhan itu memiliki manfaat, hanya saja kurang di manfaatkan dan di pelajari.







Share:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Populer